ESSAY

Writer / NIM
ELVIYANI KAPU / 151418024
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. RUSTAM I HUSAIN, M.Pd / 0005077506
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
ABSTRAK Elviyani Kapu. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Role Playing Pada Pembelajaran IPS Tema 4 SDN 17 Dungingi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dr. Rustam I. Husain, S.Ag, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hidup Bersih Dan Sehat Di rumah dan Sekolah pelajaran IPS dikelas II SDN 17 Dungingi? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatnya hasil belajar siswa pada materi Hidup Bersih Dan Sehat Di rumah dan Sekolah pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Role playing dengan bantuan media gambar di kelas II SDN 17 Dungingi. Metode penelitian yang di gunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 17 Dungingi yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 hasil belajar siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 16 siswa dengan presentase 53,3%. Hasil ini belum mencapai kriteria indikator kinerja yang di tetapkan yakni 80%, sehingga di lanjutkan pada siklus selanjutnya. Siklus 2 siswa yang memiliki kemampuan hasil belajar mencapai kriteria ketuntasan minimal sebanyak 26 siswa dengan presentase 86,6%. Dan telah mencapai kriteia indikator kinerja yang telah di tentukan. Berdasarkan hasil penelitian ini dan pembahasan di simpulkan bahwa dengan melalui model pembelajaran Role Playing (bermain peran) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN 17 Dungingi. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, role playing.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011