ESSAY

Writer / NIM
SRI MEWINTA SIKI / 151418025
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui Model Make-A Match Kemampuan Membaca Nyaring Siswa di Kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo Akan Meningkat. Tujuan penelitian ini meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui model Make-A Match di kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukan bahwa 65% atau 15 siswa memiliki kemampuan membaca nyaring rendah dan 35% atau 8 siswa memiliki kemampuan membaca nyaring yang baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I kemampuan membaca nyaring yang mencapai kriteria ketuntasan mininal sebanyak 15 siswa dengan persentase 65%. Siklus II siswa yang memiliki kemampuan membaca nyaring yang mencapai kriteria ketuntasan mininal sebanyak 22 siswa dengan persentase 96% dan telah mencapai kriteria indikator kinerja yang ditentukan. Disimpulkan bahwa dengan melalui model Make-A Match telah meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa kelas V SDN NO.17 Dungingi Kota Gorontalo. Kata Kunci : Membaca Nyaring, Model Make-A Match
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011