ESSAY

Writer / NIM
NUR'AIN ABDULLAH / 151418027
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Advisor 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstract
Nurain Abdullah. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Ips Di Kelas IV SDN 06 Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Pembimbing 1 Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing 2 Samsi Pomalingo, S.Ag., M.A. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Model Pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di sekekolah SDN 06 Duhiadaaa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model Discovery Learning pada siswa kelas IV SDN 06 Duhiadaa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes dan dokumetasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 06 Duhiadaa yang berjumlahkan 20 orang siswa siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pertemuan pertama hasil belajar siswa siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal yakni dengan persentase 40% atau sebanyak 8 orang siswa dan pada pertemuan kedua sebanyak 12 orang siswa dengan persentase 60%. Hasil tersebut belum mencapat kriteria kinerja yang ditentukan yakni 85%, sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya. Pada siklus 2 pertemuan pertama hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum yakni dengan persentase 65% atau sebanyak 13 orang siswa dan pada pertemuan kedua sebanyak 18 orang siswa dengan persentase 90%. Hasil tersebut telah mencapai kriteria indicator kinerja yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 06 Duhiadaa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011