ESSAY

Writer / NIM
SAMSUDIN YURI / 151418051
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstract
Samsudin Yuri. 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas IV SD Laboratorium UNG. Dra. Evi Hasim, M.Pd selaku pembimbing I dan Dr. Rusmin Husain, S.Pd.M.Pd selaku Pembimbing II. Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui metode bermain peran kemampuan berbicara siswa kelas IV SD Laboratorium UNG dapat meningkat?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SD Laboratorium UNG. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berbicara melalui metode bermain peran pada siswa kelas IV SD Laboratorium UNG Kota Gorontalo, pada pelaksanaan tindakan kelas siklus I kemampaun siswa berbicara pada pertemuan I mencapai 10 siswa atau 43%. pertemuan II meningkat menjadi 14 siswa yang mampu atau 61%. Berdasarkan hasil capaian tersebut indikator kinerja belum tercapai, sehingga perlu dilanjutkan pada siklus II. Pada pelaksanaan tindakan siklus II pertemuan I mencapai 17 siswa atau 74%, pada pertemuan ke II terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada siswa menjadi 21 siswa atau 91%. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa melalui metode bermain peran kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SD Laboratorium UNG meningkat. Kata Kunci: Berbicara, bermain peran.
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011