ESSAY

Writer / NIM
MAGFIRAH MAKUTA / 151418065
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Magpirah Makuta. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Menghitung Keliling Dan Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Asni Ilham, M. Si. dan Pembimbing II Drs. Ismail Pioke, S.Pd,. M.Pd, Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 kota barat kota gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 kota barat kota gorontalo. Jenis penelitian ini deskripsi kuantitatif. Desain penelitian pre-experimental one group pretest-postest. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling jenuh, artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Sehingga sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 16 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 kota barat kota gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest 55,31 dan nilai rata-rata postest 78,12. Hal ini diperkuat dengan hasil pengujian hipotesis uji t test diperoleh t_hitung=13,372 dan t_tabel=2,131 t_hitung lebih besar dari t_tabel (13,372 > 2,131) untuk taraf signifikan 0,05%, dengan derajat kebebasan (db) = 15 (n - 1), maka hasilnya signifikan. Sehinggga H_0 ditolak dan H_a diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan menghitung keliling dan luas segitiga pada siswa kelas IV SDN 11 Kota Barat Kota Gorontalo. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFAE), Kemampuan, Keliling dan Luas Segitiga
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011