ESSAY

Writer / NIM
WINDI HANDAYANI YASIN / 151418075
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Yasin, Windi Handayani. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Project Based (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 66 Kota Timur. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Meylan Saleh, S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II Gamar Abdullah, S.Si.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa melalui model pembelajaran PJBL pada muatan pelajaran IPA di kelas V SDN 66 Kota Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Data hasil evaluasi pada siklus I yaitu dari jumlah 25 orang siswa, siswa yang tuntas berjumlah 13 siswa atau 52% karena masih terdapat beberapa kekurangan pada proses pembelajaran di siklus I, sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 12 atau 48%, pada siklus II dari jumlah 25 siswa yang tuntas berjumlah 22 siswa atau 88% dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 siswa atau 12%. Untuk data hasil pengamatan kreativitas siswa siklus I memperoleh presentase sebesar 53,8% hal ini dikarenakan kreativitas siswa masih belum meningkat pada proses pembelajaran dan Siklus II memperoleh presentase sebesar 66,5%, jadi selisih kreativitas siswa pada siklus I dan siklus II yaitu 12,7%. Hasil ini merupakan salah satu bukti dari keberhasilan penerepan model PJBL terhadap peningkatan hasil belajar dan kreativitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa setelah menerapkan model PJBL pada proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas V SDN 66 Kota Timur. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa, Muatan Pelajaran IPA, Model Pembelajaran PJBL
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011