ESSAY

Writer / NIM
SRI DESIYANA NENTO / 151418076
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
RIFDA MARDIAN ARIF, S.Pd, M.Pd / 1122018901
Abstract
Nento, Sri Desiyana. 2022. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Muatan Pelajaran IPA di Kelas V SDN 66 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Rifda Mardian Arif, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA kelas V di SDN 66 Kota Timur? dan Apakah dengan implementasi model Problem based learning dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah pada muatan pelajaran IPA kelas V di SDN 66 Kota Timur?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas V di SDN 66 Kota Timur. Hasil penelitian hasil belajar siklus I dari 18 siswa dengan 10 siswa atau 56% yang tuntas sedangkan 8 atau 44% siswa belum tuntas. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami peningkatan dengan 16 siswa atau 89% yang tuntas, sedangkan 2 atau 11% siswa belum tuntas. Hasil kemampuan memecahkan masalah pada siklus I mencapai presentase rata-rata 55%. Sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran disiklus II mencapai presentase rata-rata 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan memecahkan masalah pada muatan pelajaran IPA Tema di Kelas V SDN 66 Kota Timur meningkat. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Memecahkan Masalah, Pelajaran IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011