ESSAY

Writer / NIM
YUNI PRATIWI GUBALI / 151418077
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstract
Gubali, Yuni Pratiwi. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) Terhadap Hasil Belajar IPA Tema 8 di Kelas VI SDN 66 Kota Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd, M.Ed. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar IPA pada tema 8 di kelas VI SDN 66 Kota Timur?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one-grup pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN 66 Kota Timur yang berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji normalitas dan hasil dari uji tersebut data berdistribusi normal. kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil yang didapatkan dari uji hipotesis statistik menggunakan uji-t adalah thitung 7,959 lebih besar dari ttabel 1,688, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) terhadap hasil belajar IPA di Kelas VI SDN 66 Kota Timur. Kata Kunci : SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual), Hasil Belajar, Pelajaran IPA
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011