ESSAY

Writer / NIM
AFRIANI NASARU / 151418081
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstract
ABSTRAK Nasaru, Afriani. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Pop Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Tema 8 Subtema 2 di Kelas V SDN 55 Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai,M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Gamar Abdullah S.Si., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah dengan menggunakan Model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kela V SDN 55 Kota Timur?. Metode penelitian yang diguanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi. Observasi awal dari 25 siswa hanya 10 atau 40% yang dapat mencapai KKM, sedangkan 15 atau 60% siswa belum mencapai KKM. Kemudian pada tindakan siklus I mengalami peningkatan dari 19 siswa dengan 13 siswa atau 68% yang dapat mencapai KKM sedangkan 6 atau 32% siswa belum mencapai KKM. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami penigkatan dari 12 siswa dengan 11 siswa atau 92% dapat mencapai KKM, sedangkan 1 atau 8% siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 55 Kota Timur Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Pop Up Book
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011