ESSAY

Writer / NIM
LUSKIA S. MALE / 151418083
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
Abstrak __________________________________________________________ Male, S. Luskia 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Volume Limas Melalui Model Pembelajaran Jiksaw Pada Siswa Kelas V SDN 85 Sipatana. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ismail Pioke, M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Berdasarkan identifikasi masalah yang telah dikemukakan di atas , maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini sebagai berikut: Apakah dengan melalaui model pembelajaran jiksaw hasil belajar menghitung volume limas pada siswa kelas V di SDN 85 Sipatana dalam kemampuan penguasaan dan penerapan rumus alas segi tiga, persegi, persegi panjang, layang-layang dan belah ketupat dapat meningkat? Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas V di SDN 85 Sipatana. Dari hasil pelaksanaan tindakan melalui siklus ternyata terjadi peningkatan hasil pelaksanaan tindakan melalui siklus ternyata terjadi peningkatan hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan dengan melalaui model pembelajaran jiksaw hasil belajar menghitung volume limas pada siswa kelas V di SDN 85 Sipatana dalam kemampuan penguasaan dan penerapan rumus alas segi tiga, persegi, persegi panjang, layang-layang dan belah ketupat dapat meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 12 siswa yang diketahui terdapat 7 siswa (58,33%) yang memperoleh nilai 80. Dengan demikian, penelitian tindakan dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 10 siswa (83,33%) yang memperoleh nilai 80, sehingga penelitian dianggap tuntas. Kata kunci : Jigsaw, Volume Limas
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011