ESSAY

Writer / NIM
FRANSISKA L. HASAN / 151418084
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstract
Fransiska L. Hasan. 2022. Pengembangan Multimedia Interaktif Model Instructional Games Materi Siklus Air Di Kelas V SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Isnanto, S.Pd., M.Ed Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air di kelas V dan bagaimana kelayakan pengembangan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air di kelas V. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air kelas V dan mengetahui kelayakan multimedia interaktif model instructional games materi siklus air kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development, dengan tahapan pengembangan 4D (Define, Design, Development and Disseminate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 3 Batudaa. Melalui proses penelitian berhasil dikembangkan multimedia interaktif model instructional games yang menarik tentang materi siklus air kelas V SDN 3 Batudaa. Multimedia interaktif yang dikembangkan memperoleh rata-rata nilai dari ahli desain media sebesar 91% dalam kriteria sangat layak, pada ahli materi memperoleh rata-rata sebesar 85% dalam kriteria sangat layak dan pada ahli praktisi memperoleh rata-rata sebesar 98% dalam kriteria sangat layak. Berdasarkan hal tersebut maka multimedia interaktif model instructional games layak digunakan pada materi siklus air kelas V SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Instructional Games, Siklus Air
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011