ESSAY

Writer / NIM
SELVIANA ADAM / 151418086
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Dr. ISNANTO, S.Pd., M.Ed / 0010078009
Abstract
Selviana Adam. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Pada Muatan Pelajaran IPA Materi Sumber Energi Dan Perubahannya di Kelas IV SDN 67 Kota Timur. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Prof. Dr. Abdul Haris Panai, M.Pd dan Pembimbing 2 Dr. Isnanto S.Pd., M.Ed. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah melalui model pembelajaran inquiry based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi dan perubahannya di kelas IV SDN 67 Kota Timur?". Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN 67 Kota Timur. Pada observasi awal, siswa yang dapat mencapai KKM hanya 6 siswa dengan presentase 30% sedangkan siswa yang belum mencapai KKM 14 siswa dengan prsentase 70% dari jumlah 20 siswa. Kemudian pada pelaksanaan tindakan siklus 1 mengalami peningkatan dengan 8 siswa atau 40% yang dapat mencapai KKM dari 20 siswa selanjutnya pada pelaksanaan tindakan siklus II juga mengalami peningkatan dengan 17 siswa atau 85% yang dapat mencapai KKM, sedangkan 3 siswa atau 20% yang belum mencapai KKM. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran inquiry based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA materi sumber energi dan perubahannya di Kelas IV SDN 67 Kota Timur. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Based Learning, Hasil Belajar Siswa.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011