ESSAY

Writer / NIM
HIDAYATI IBRAHIM / 151418088
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
BASRI AMIN, S.Sos.,M.A. / 0014077402
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Hidayati Ibrahim. 2022. Pengaruh Pemberian Penguatan Verbal Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 2 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Basri Amin, S.Sos., MA.,PhD (ABD) dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd. Pemberian penguatan verbal berkaitan langsung dengan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 2 Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango. Metode yang dipilih adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 2 Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango yang berjumlah 14 siswa. Penelitian menjadikan sampel seluruh siswa kelas V SDN 2 Bulango Timur karena populasi yang kurang dari 100. Pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian membuktikan bahwa pemberian penguatan verbal terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango. Nilai koefisien r hitung untuk variabel Motivasi Belajar diperoleh sebesar 23,08 atau 23,08% sedangkan nilai r tabel pada tingkat signifikasi 5% dan derajat bebas n-2= 14-2= 12 sebesar 0.576. Jika kedua nilai r ini dibandingkan, maka nilai r hitung masih lebih besar dibandingkan dengan nilai r tabel (23,08 > 0,576). Pada pengujian keberartian koefisien, harga thitung lebih besar dari tdaftar atau harga thitung telah berada di luar penerimaan H0. Sehingga dapat terbukti hipotesis yang diajukan bahwa terdapat pengaruh dari penguatan verbal terhadap motivasi belajar. Kata kunci: Penguatan Verbal, Motivasi Belajar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011