ESSAY

Writer / NIM
SANDRA YANTU / 151418110
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Sandra Yantu 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembekajaran Copperative Learning Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si Dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran copperative learning tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran copperative liarning tipe jigsaw pada siswa kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitianan pada observasi awal dari 22 orang siswa yang tuntas hanya 7 orang siswa dengan presentase 31,82% dan yang belum tuntas ada 15 orang siswa dengan presentase 68,18%. Selanjutnya peneliti melakukan tindakan siklus I untuk melihat hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe jigsaw dalam pembelajaran IPS Di SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Dapat dilihat dari siklus I pertemuan pertama dari 22 orang siswa yang tuntas hanya 11 orang dengan presentase 50% dan yang belum tuntas ada 11 orang dengan presentase 50%. Selanjutnya pada siklus I pertemuan ke dua dari 22 orang siswa hanya 15 orang siswa dengan presentase 68,18% dan yang belum tuntas 7 orang dengan presentase 31,82%. Dilihat dari siklus I masih banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM maka, peneliti melakukan tindakan selanjutnya yaitu siklus II. Pada siklus II pertemuan pertama dari 22 oarang siswa yang tuntas ada 16 orang dengan presentase 72,73% dan yang belum tuntas masih ada 6 orang dengan presentase 27,27%. Jika pada siklus II pertemuan pertama belum mencapai KKM yang diinginkan maka, peneliti melanjutkan siklus II pertemuan ke dua. Dari 22 orang siswa yang tuntas 18 orang siswa dengan presentase 81,82%% dan yang belum tuntas ada 4 orang siswa dengan prsentase 18,18%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran copperative dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Hasil Belajar, Cooperative Learning Tipe Jigsaw, IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011