ESSAY

Writer / NIM
FITRIYANTI BAKARANGO / 151418116
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstract
ABSTRAK Fitriyanti Bakarango 2022. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Pendekatan Komunikatif Di Kelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan , Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dajani Suleman, M.Hum., dan pembimbing II Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas V SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui pendekatan komunikatif pada siswa kelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan komunikatif. Pada observasi awal yang mampu berbicara berjumlah 5 siswa 36%. Setelah dilakukan tindakan siklus I dari 14 siswa sudah mampu 6 siswa atau 42%. Pada pelaksanaan siklus II terdapat 13 orang atau 93% sedangkan yang tidak mampu 1 siswa atau 7%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan komunikatif dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Berbicara, Pendekatan Komunikatif
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011