ESSAY

Writer / NIM
MAIMUN SAFITRI THALIB / 151418118
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Maimun Safitri Thalib. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match Berbantuan Media Kartu Ragam Nusantara (Kartaga) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Botupingge. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Muhammad Sarlin, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Candra Cuga S.Pd, M.Pd. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, rumusan masalahnya yakni Apakah dengan menggunakan model make a match berbantuan Media Kartu Ragam Nusantara dapat meningkatkan hasil belajar siswa? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model make a match berbantuan media kartu ragam nusantara (kartaga) pada mata pelajaran IPS Kelas IV SDN 2 Botupingge dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN 2 Botupingge yang berjumlah 10 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, evaluasi dan refleksi serta analisis. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang tuntas berjumlah 6 siswa (60%) hal tersebut belum mencapai indikator kinerja yang diharapkan sehingga tindakan selanjutnya ke siklus II. Pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, siswa yang meningkat hasil belajarnya berjumlah 8 siswa (80%). Hasil pada siklus II ini sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran make a match berbantuan media kartu ragam nusantara (kartaga) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN 2 Botupingge. Kata Kunci : Make A Match, Kartu Ragam Nusantara
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011