ESSAY

Writer / NIM
AYU DELVIA PANEO / 151418119
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
ABSTRAK Ayu Delvia Paneo. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Hakop Walangadi M.Si, dan Pembimbing II Muhammad Sarlin S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran inkuiri keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV di SDN 5 Telaga dapat meningkat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 30 siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah" Jika digunakan model pembelajaran inkuiri, maka keterampilan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN 5 Telaga akan meningkat. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada Siklus I tahap I sebanyak 17 siswa dengan presentase 57% tuntas dalam mengisi indikator berpikir kritis, kemudian pada Siklus I tahap II mengalami peningkatan menjadi 21 siswa dengan presentase 70% dan terjadi peningkatan yang signifikan pada siklus II yaitu sebanyak 25 siswa dengan presentase 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dikelas IV SDN 5 Telaga. Kata kunci: Hasil Belajar, Inkuiri, Berpikir Kritis.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011