ESSAY

Writer / NIM
RISWANTO PAKAYA / 151418121
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Advisor 2 / NIDN
Dr. CANDRA C, S.Pd., M.Pd / 0902108601
Abstract
ABSTRAK Riswanto Pakaya 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hakop Walangadi, M.Si, dan Pembimbing II Dr. Candra Cuga, S.Pd.,M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo ?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS melalui pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa sebagai sumber belajar di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 15 orang siswa. Indikator keberhasilan tindakan ditandai dengan minimal 80% hasil belajar siswa mencapai nilai KKM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 73%. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada Siklus II sebesar 87%. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelitian adalah dengan memanfaatkan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar karena siswa dihadapkan pada peristiwa dan keadaan yang sebenarnya. Sesuatu yang dipelajari melalui Rumah Adat Dulohupa sebagai sumber belajar Pada Pembelajaran IPS Menjadi lebih nyata, lebih faktual dan keberadaannya dapat dipertanggungjawabkan. Dengan Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar Siswa dapat memahami dan Menginternalisasikan nilai-nilai kebudayaan Setempat. Dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan Rumah Adat Dulohupa Sebagai Sumber Belajar dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Kata Kunci : Rumah Adat Dulohupa, Hasil Belajar, IPS
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011