ESSAY

Writer / NIM
ALDA DJALITE / 151418129
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstract
Alda Djalite. 2022. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Media Teks Cerita Bergambar Di Kelas IV SDN 14 Paguyaman. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II, Dr. Yusuf Jafar, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah melalui media teks cerita bergambar kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SDN 14 Paguyaman dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui media teks cerita bergambar di kelas IV SDN 14 Paguyaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan observasi awal kemampuan membaca pemahaman dari 24 siswa yang mampu hanya 6 siswa (25%), dan yang belum mampu 18 siswa (75%). Pada siklus I pertemuan pertama kemampuan membaca pemahaman meningkat menjadi 9 siswa (37,5%) yang mampu dan 15 siswa (62,5%) yang belum mampu. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 13 siswa (54,1%) yang mampu dan 11 siswa (45,8%) yang belum mampu. Pada siklus II pertemuan pertama meningkat menjadi 17 siswa (70,8%) yang mampu dan 7 siswa (29,1%) yang belum mampu. Pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 21 siswa (87%) yang mampu membaca pemahaman dan 3 siswa (12,5%) yang belum mampu membaca pemahaman. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa melalui media teks cerita bergambar di kelas IV SDN 14 Paguyaman meningkat. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Media Teks Cerita Bergambar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011