ESSAY

Writer / NIM
WINASRI MOKOAGOW / 151418148
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd.MCE / 0014046012
Abstract
Winasri, Mokoagow 2022. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Media Konkret Pada Siswa Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dr. Rusmin Husain, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, Apakah Melalui Media Konkret Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat meningkat ?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui melalui Media Konkret pada siswa kelas V di SDN 1 Telaga Kabupetn Gorontalo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika menggunakan media konkret maka kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat. Hasil penelitian pada siklus I pertemuan I dengan jumlah siswa 26 yang mampu 12 siswa atau 46% dan tidak mampu 14 siswa atau 54%. Pertemuan II dari 26 siswa yang mampu 16 siswa atau 61% dan tidak mampu 10 siswa atau 39%. Siklus II pertemuan I dari 26 siswa yang mampu 20 siswa atau 76% dan tidak mampu 6 siswa atau 24%. Pertemuan II dari 26 siswa yang mampu 23 siswa atau 88% dan tidak mampu 3 siswa atau 12%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, pada pertemuan disetiap siklus, disimpulkan bahwa dengan melalui Media Konkret kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo telah meningkat. Kata Kunci : Menulis Puisi, Media Konkret
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011