ESSAY

Writer / NIM
ZAINUDIN B. SALUM / 151418149
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
Zainudin B. Salum, 2022. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Cacah Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Penelitian bertujuan untuk menigkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah menggunakan model problem based learning pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian ini menggunakan PTK model Kurt Lewin. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas V SDN 1 Telagga Jaya Kabupaten Gorontalo. Tindakan dalam penelitian ini ada 2 siklus (Siklus I dan Siklus II). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tindakan siklus I diperoleh data dari 26 siswa dikenai tindakan hanya 11 Siswa atau 36% yang memperoleh nilai 75 ke atas dan 15 siswa atau 64% yang memperoleh nilai 75 ke bawah. Hal ini belum mencapai indikator yang telah ditentukan yakni minimal 75% siswa dikenai tindakan dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data, siswa yang mampu dengan perolehan nilai 75 ke atas berjumlah 23 siswa atau 97% dan 3 siswa atau 3% memperoleh nilai 75 ke bawah. Hal tersebut telah mencapai indikator yang ditentukan sehingga penelitian sinyatakan berhasil dan tidak perlu dilanjutkan pada siklus berikut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning kemampuan menyelesaikan soal cerita penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas V SDN 1 Telaga Jaya Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Soal cerita, Bilangan cacah, Model Problem Based Learning.
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011