ESSAY

Writer / NIM
KRISMARIANTI / 151418150
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Advisor 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstract
ABSTRAK Krismarianti. 2022, meningkatkan kemampuan menyampaikan argumen melalui model Jigsaw pada siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, pembimbing II Dra. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini, "Apakah melalui model jigsaw kemampuan menyampaikan argumen siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menyampaikan argumen melalui model Jigsaw pada siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes kemampuan siswa dan dokumentasi. Pada observasi awal kemampuan menyampaikan argumen diperoleh 6 siswa yaitu 28% yang mampu menyampaikan argumen dan 15 siswa yang tidak mampu yaitu 72%. Penelitian dilakukan sebanyak II siklus. Hasil kemampuan menyampaikan argumen yang diperoleh pada siklus I yang mampu menyampaikan argumen hanya 11 siswa yaitu 52% dan mengalami peningkatan setelah dilaksanakan siklus II. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan menyampaikan argumen siswa pada siklus II yang meningkat berjumlah 17 orang yaitu mencapai 81%, dan tersisa 4 siswa yang belum mampu yaitu 19%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SD Al-Huda Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dalam menyampaikan argumen. Kata kunci : Argumen, Model Jigsaw
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011