ESSAY

Writer / NIM
FIRMANSYAH A. ISHAK / 151418159
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Advisor 2 / NIDN
MUHAMMAD SARLIN, S.Pd., M.Pd / 0001098604
Abstract
Firmansyah A, Ishak. 2022. Pengembangan Media Monopoly Smart Games Asean Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas Vi Di Sdn 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Drs. Haris Mahmud, S.Pd., M.Si, dan Pembimbing II Muhammad Sarlin, S.Pd., M.Pd. Media pembelajaran untuk siswa ( IPS ataupun tematik ) di SDN 4 Batudaa masih kurang dalam proses pembelajaran. Fakta tersebut diperoleh dari studi awal terhadap proses pembelajaran IPS dan buku penunjang Kurikulum 2013 kelas VI. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran belum berjalan dengan sebagaimana mestinya karena kurangnya media pembelajaran dala proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk mengembangkan Media Monopoly Smart Games ASEAN Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI Di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah modifikasi metode pengembangan milik thiagarajan, yakni define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan dessimination (penyebarluasan). Tetapi penelitian ini dibatasi pada tahap develop, yakni validasi ahli (ahli media pembelajaran, ahli bahasa dan ahli materi ). Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Hasil penelitian diperoleh bahwa Media Monopoly Smart Games ASEAN Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI Di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo layak untuk digunakan dengan presentase kelayakan sangat layak. Presentase tersebut diperoleh dari hasil validasi ahli media pembelajaran yang memperoleh presentase 86,5 % atau kategori sangat layak, hasil Validasi ahli bahasa yang memperoleh prsentase 89 % atau kategori sangat layak. Dan validasi ahli materi yang memperoleh presentase 98,6 % atau kategori "sangat layak. Kesimpulan pengembangan Media Monopoly Smart Games ASEAN Dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI Di SDN 4 Batudaa kabupaten Gorontalo dikembangkan dengan melalui 3 tahap yaitu : tahap define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Kata Kunci : Monopoly Smart Games ASEAN, Wawasan Global
Download files

ARCHIVES

2025
Year Essay 2025
2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011