ESSAY

Writer / NIM
MEISY SAVITRI UMBOLA / 151418162
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
ABSTRAK Meisy Savitri Umbola. 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Bilangan Romawi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Pada Siswa Kelas IV SDN 1 Bulango Selatan. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match hasil belajar siswa kelas IV dengan materi bilangan romawi SDN 1 Bulango Selatan dapat meningkat? Tujuan penelitian untuk meningkatakan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika materi bilangan romawi melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dikelas IV SDN 1 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, pada siklus I dari 20 siswa yang dikenai tindakan terdapat 12 siswa (60%) siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sehingga belum mencapai indikator yang ditetapkan yakni minimal 75%, siswa menunjukkan nilai 75 ke atas. Dengan demikian, indikator belum tercapai sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 17 siswa (85%) siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas sehingga indikator telah tercapai dan tindakan penelitian dianggap tuntas. Simpulan bahwa melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match hasil belajar bilangan romawi pada siswa siswa kelas IV SDN 1 Bulango Selatan Meningkat. Kata Kunci : Hasil Belajar, Make a Match. Bilangan Romawi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011