ESSAY

Writer / NIM
INTAN DWI CAHYANI PAPUTUNGAN / 151418164
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
- ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstract
ABSTRAK Intan Dwi Cahyani Paputungan.2022.Meningkatkan Kemampuan Menghitung Pengurangan Pecahan Campuran Menggunakan Model Pembelajaran Team Assisted Invidualization (TAI) Pada Siswa Kelas V SDN 1 Bulango Selatan.Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitass Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra.Samsiar Rivai, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Ismail Pioke, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Invidualization (TAI) kemampuan pengurangan pecahan campuran pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan dapat meningkat?.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan yang berjumlah 27 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 16 perempuan.Hipotesis penelitian ini adalah jika menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) maka kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari 27 siswa yang dikenakan tindakan terdapat 16 siswa (59,3%) yang memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian belum mencapai indikator yang telah ditetapkan yakni minimal 80% siswa memperoleh nilai 75 keatas sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II terdapat 25 siswa (92,6%) yang memperoleh nilai 75 ke atas. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Invidualization (TAI) kemampuan menghitung pengurangan pecahan campuran pada siswa kelas V SDN 1 Bulango Selatan meningkat. Kata Kunci : Kemampuan, Pengurangan, Pecahan Campuran, Team Assisted Invidualization (TAI).
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011