ESSAY

Writer / NIM
FIDYA UMAR / 151418185
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Advisor 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Advisor 2 / NIDN
Dr. MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
Umar, Fidya. 2022. Penerapan Model Pembelajaran core (connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Muatan Pelajaran IPA Tema 8 di Kelas V SDN 7 Tilongkabila kabupaten Bonebolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dr. Sukirman Rahim, S.Pd., M.Si, dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu "Apakah denga menerapkan model pembelajaran core (Connecting, Organizing, Reflecting, Organizing) hasil belajar siswa pada muatan pembelajaran IPA Tema 8 di kelas V akan meningkat ?. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan teknik pengumpulan data Observasi, Tes, dan Dokumentasi dengan subjek penelitian siswa kelas V di SDN 7 Tilongkabila. Hasil penelitian siklus I dari 28 siswa dengan 20 siswa atau 71% yang dapat mencapai KKM sedangkan 8 atau 29% siswa belum mencapai KKM. Selanjutnya pada tindakan siklus II juga mengalami penigkatan dengan 25 siswa atau 89% dapat mencapai KKM, sedangkan 3 atau 11% siswa belum mencapai KKM. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran core (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPA Tema 8 di Kelas V SDN 7 Tilongkabila. Kata Kunci: Core (Connecting, Orgaganizing, Reflecting, Extending), Hasil Belajar Siswa, Muatan Pelajaran IPA
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011