ESSAY

Writer / NIM
NILAWATY MOHAMAD / 153407103
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
Nilawaty Mohamad. 2012. Skripsi “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Metode Bermain Kantong Pintar pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I DR. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui metode bermain kantong pintar dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui metode bermain kantong pintar pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I pun belum berhasil, dan dilanjutkan kesiklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Mengenal simbol, 18 orang atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 2 orang atau 20% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Membuat coretan yang bermakna, 16 orang atau 80% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 4 orang atau 20% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Meniru huruf, 19 orang anak atau 95% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 1 orang anak atau 5% termasuk kategori kurang mampu, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu, hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini disimpulkan bahwa kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok B di TK ABA V Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bermain kantong pintar. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Huruf, Metode Bermain Kantong Pintar.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011