ESSAY

Writer / NIM
ANIMAN I. RAHMAN / 153408004
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Animan I Rahman, Nim. 153408004 Meningkatkan Kemampuan Membaca Suku Kata Dengan Menggunakan Pias-Pias Huruf Melalui Metode Drill Pada Anak Kelompok B Di Paud Melati Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Program S-1 PAUD, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing 1 Dra. Dajani Suleman M.Hum dan Pembimbing II Dra. Samsiar Rivai, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian adalah, Apakah penggunaan pias – pias huruf melalui metode Drill dapat meningkatkan kemampuan membaca suku kata pada anak kelompok B PAUD Melati Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo ? Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud untuk memberi gambaran terhadap keadaan peningkatan kemampuan membaca suku kata pada anak kelompok B PAUD Melati Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian observasi awal menunjukkan bahwa kemampuan membaca suku kata pada anak masih sangat rendah. Hal ini nampak pada data yang diperoleh dari 20 orang anak kelompok B PAUD Melati hanya 5 orang anak atau 25% yang memiliki kemampuan membaca suku kata, dan sisanya belum. Namun setelah dilaksanakan tindakan siklus I maka diperoleh data untuk persentase rata – rata peningkatan kemampuan membaca suku kata anak diperoleh kriteria mampu 60%, kurang mampu 20% dan tidak mampu 20%. Dilanjutkan kesiklus II diperoleh data untuk persentase rata – rata peningkatan kemampuan membaca suku kata anak diperoleh kriteria mampu 90%, kurang mampu 10% dan tidak mampu 0%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pias – pias huruf melalui metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca suku kata pada anak kelompok B PAUD Melati Kelurahan Biyonga Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo . Oleh karena itu penggunaan pias – pias huruf melalui metode drill hendaknya dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan mebaca suku kata anak di PAUD. Kata Kunci : Peningkatan Kemampuan Membaca Suku Kata Menggunakan Pias – Pias Huruf Melalui Metode Drill
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011