ESSAY

Writer / NIM
ASNA NASRUN LASENA / 153408014
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
Asna N. Lasena. NIM. 153408014. 2012. Mengembangkan pengenalan konsep terapung dan tenggelam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Bongomeme. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Samsiah, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II : Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pengenalan konsep terapung dan tenggelam melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak Al-Ikhlas Kecamatan Bongomeme. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap tahapan siklus diawali dengan persiapan dan diakhiri dengan kegiatan refleksi Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa digunakan metode eksperimen maka kemampuan anak mengenal konsep terapung dan tenggelam akan berkembang. Hasil analisis pada observasi awal menunjukan bahwa hanya 4 anak (20%) yang memiliki mampu mengenal konsep terapung dan tenggelam. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 11 anak atau 55%. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 16 anak (80%) dari 20 anak di TK Al-Ikhlas kelompok B Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut; 1) Proses pembimbingan anak dalam menggunakan penggunaan metode eksperimen harus dioptimalkan melalui pendampingan secara individual untuk memberikan hasil yang optimal dari kegiatan mengenal benda-benda terapung dan tenggelam yang dilakukan di kelas, 2) metode eksperimen hendaknya dijadikan guru sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kemampuan mengenal benda-benda terapung dan tenggelam, 3) agar metode eksperimen lebih menarik maka perlu disiapkan fasilitas pendukung sehingga mampu menunjang peningkatan pengenalan anak atas konsep yang diajarkan Kata Kunci: konsep terapung dan tenggelam, metode eksperimen
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011