ESSAY

Writer / NIM
DEYCE SANTI KOBI / 153408026
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
Deyce Syanti Kobi, 2012. Meningkatkan Kecerdasan Seni Melukis melalui Metode pemberian tugas dengan Menggunakan Pendekatan Reinfocement pada Anak Kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd, dan Pembimbing II, Samsiah, S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini Apakah kecerdasan seni melukis dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas dengan menggunakan pendekatan reinforcement pada Anak Kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan seni melukis pada anak melalui metode pemberian tugas dengan menggunakan pendekatan reinforcement pada Anak Kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak kelompok B TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 25 orang, yang terdiri dari laki-laki 13 orang dan perempuan 12 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk tiga siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya. Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam tiga siklus tersebut terlihat bahwa kecerdasan seni melukis pada anak kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo mengalami peningkatan sesuai dengan indikator kinerja yaitu 92 % atau 23 orang. Peningkatan ini dilalui secara bertahap yaitu; pada observasi awal kecerdasan seni melukis anak hanya 36 % atau 9 orang, pada siklus I kecerdasan seni melukis anak mengalami peningkatan menjadi 56 % atau 14 orang, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 68 % atau 17 orang, dan pada akhir penelitian siklus III telah mencapai 92% atau 23 orang. Dengan demikian, optimalisasi penggunaan metode pemberian tugas dengan pendekatan reinfocement telah menjadi pilihan utama bagi guru pada anak kelompok B di TK Permata Indah Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dalam pembelajaran umumnya terutama dalam meningkatkan kecerdasan seni melukis anak. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru TK pada umumnya untuk dapat melaksanakan metode pemberian tugas dengan pendekatan reinfocement dalam meningkatkan kecerdasan seni melukis anak. Di samping itu, diharapkan kepada para guru yang melaksanakan penelitian tindakan kelas untuk tetap merencanakan program kegiatannya dengan baik, sehingga tujuan yang diharapkan dari penelitian dapat tercapai secara optimal. Kata Kunci: Kecerdasan Seni Melukis, Metode Pemberian Tugas, dan Pendekatan Reinfocement.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011