ESSAY

Writer / NIM
DJARLIN SALEH / 153408030
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstract
Djarlin Saleh, 2012Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Anak Kelompok B RA As-Syarief Desa Bunggalo Kec. Talaga Jaya Kab.Gorontalo. Pembimbing I Dra.Tuti Wantu,M.Pd.Kons dan Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum Kualitas ketrampilan seseorang dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas kosakata.Semakin kaya kosakata yang dimiliki oleh anak, semakin terampil pula dalam menggunakan bahasa.Perkembangan kosakata merupakan perkembangan konseptual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Subjek penelitian adalah anak didik kelompok RA As-Syarief semester genap tahun pelajaran 2011/2012.Adapun jumlah anak didik sebanyak 20 orang.Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, kepala sekolah, dan guru mitra.Data dikumpulkan melalui observasi.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis data anak yang menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata.Pada pelaksanaan observasi awal hanya 3 orang atau sebesar 15%. Pada pelaksanaan siklus I peningkatan penguasaan kosakata sebanyak 7 orang atau sebsesar 35%. Pada pelaksanaan siklus II terjadi peningkatan sebanyak 17 orang atau sebesar 85%. Kesimpulan peningkatan penguasaan kosakata ini dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru yaitu metode bercerita juga media yang digunakan sebagai alat bantu untuk lebih meningkatkan penguasaan kosakata berupa media gambar.metode bercerita dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa pada anak di RA As-Syarief Desa Bunggalo Kecamatan Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Hal ini ditandai oleh bertambahnya jumlah anak yang menguasai kosakata dari yang sebelumnya 3 orang atau15 % menjadi 17 orang atau 85 %. Kata Kunci :Kosakata, Metode Bercerita, Media Gambar
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011