ESSAY

Writer / NIM
EMI BAKARI DJUNUBI / 153408037
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstract
EMI B. DJUNUBI. Pengembangan Budi Pekerti Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalagi Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd Sebagai Pembimbing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Budi Pekerti Anak di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalagi Kota Gorontalo dapat dikembangkan melalui Metode Pembiasaan? Sedangkan tujuan dari penelitian untuk Pengembangan Budi Pekerti Anak di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo melalui Metode Pembiasaan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses pemberian siklus, sebelumnya peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat kemampuan budi pekerti anak. Yang menjadi subjek penelitian adalah anak TK yang berjumlah 20 orang dengan observasi awal untuk kriteria mampu 30% (6 anak), kurang mampu 40% (8 anak), dan tidak mampu 30%(6 anak). Adapun yang digunakan dalam pengembangan budi pekerti anak dengan indikator kinerja 80% dari jumlah anak yang memiliki budi pekerti. Dari hasil analisis data diperoleh siklus I untuk kriteria mampu 58.75% (12 orang), kurang mampu 32.5% (6 orang), tidak mampu 8.75% (2 orang), siklus II mampu 81.25% (16 anak), kurang mampu 15% (3 anak), tidak mampu 3.75% (1 anak). Dengan demikian maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa dengan Pengembangan Budi Pekerti Anak Melalui Metode Pembiasaan di TK Kihajar Dewantoro 8 Kecamatan Hulonthalagi Kota Gorontalo dapat diterima. Kata kunci: Budi Pekerti, Pembiasaan.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011