ESSAY

Writer / NIM
HADIJAH PAKAYA / 153408066
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Advisor 2 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Abstract
Hadijah Pakaya. NIM. 153 408 066. “Meningkatkan Kecerdasan Seni Melukis Abstrak Melalui Finger Painting di PAUD Abna’ul Ummat Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. 2012. Pembimbing I: Prof.Dr.Hi. Abdul Haris PanaI, S.Pd M.Pd, Pembimbing II: Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah: “Apakah kecerdasan seni melukis abstrak PAUD Abnaul Ummat Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui teknik finger painting?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang mengacu pada indikator: a) kemampuan anak berbuat kreatif; b) kemampuan anak berimajinasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 orang anak PAUD Abnaul Ummat Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Siklus dilaksanakan sebanyak dua kali, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun hasil pelaksanaan siklus I pertemuan pertama dan kedua terjadi peningkatan dari 7 orang observasi awal (35%) menjadi 9 orang anak (45%) pada kriteria mampu, dan pada pelaksanaan siklus II pertemuan pertama dan kedua meningkat menjadi 16 orang (80%) pada kriteria mampu memiliki kecerdasan seni melukis abstrak melalui finger painting. Berdasarkan hasil pelaksanaan siklus, maka hipotesis tindakan yang menyatakan: “Jika guru menggunakan teknik finger painting, maka kecerdasan seni melukis abstrak di PAUD Abnaul Ummat Kelurahan Moodu Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo, dapat ditingkatkan, dapat diterima”. Kata kunci: Kecerdasan Seni Melukis Abstrak Finger Painting
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011