ESSAY

Writer / NIM
ITJE MORDJIU / 153408092
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Itje Mordjiu, NIM. 153 408 092. Deskripsi Kemampuan Membilang 1 Sampai 10 Pada Anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. 2012 Permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membilang angka 1sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan wawancara serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango sudah baik dalam hal: 1) Membilang angka 1 sampai 10 dengan cara menunjuk angka; 2) Membilang angka 1 sampai 10 dengan cara melanjutkan angka; dan 3) Membilang angka 1 sampai 10 dengan cara membilang mundur. Sedangkan faktor-faktor mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango yaitu faktor internal yaitu berasal dari anak sendiri dan faktor eksternal dari luar diri anak. Faktor dari anak itu sendiri seperti: faktor alamiah, faktor perkembangan kognitif yang dimilikinya, latar belakang sosial yang dimiliki anak dan faktor motivasi belajar. sedangkan faktor dari luar diri anak seperti: faktor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan faktor sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa kemampuan membilang angka 1 sampai 10 yang dimiliki anak Kelompok B TK Gamelina dalam hal membilang angka 1 sampai 10 dengan cara menunjuk angka, membilang angka 1 sampai 10 dengan cara melanjutkan angka dan membilang angka 1 sampai 10 dengan cara membilang mundur sudah baik. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 adalah, faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki yang mendukung kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan, Membilang, Angka 1 sampai 10.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011