ESSAY

Writer / NIM
KARTIN KAIDA / 153408100
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
Kartin Kaida. 2012. ” Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal huruf melalui permainan puzzle huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo”. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Hi. Usman Samatowa, M.Pd dan Pembimbing II: Samsiah. S,Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan anak mengenal huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan dengan melalui Permainan puzzle huruf? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan puzzle huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif PTK. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal huruf dapat ditingkatkan melalui permainan puzzle huruf. Hasil analisis pada observasi awal menunjukan bahwa hanya 9 anak (45%) yang memiliki kemampuan anak mengenal huruf. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 14 anak atau 70% anak yang memiliki kemampuan anak mengenal huruf dalam membaca. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 18 anak (90%) dari 20 anak di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jika digunakan permainan puzzle huruf, maka kemampuan Anak mengenal huruf dapat meningkat. Kata Kunci: Mengenal Huruf, Permainan Puzzle Huruf
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011