ESSAY

Writer / NIM
LINDAWATI MOHAMAD / 153408104
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Advisor 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstract
Lindawati Mohammad. 2012. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Teknik Bernyanyi di Kelompok B TK Dayo Indah Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini: Apakah teknik bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Kelompok B TK Dayo Indah Kecamatan Dulupi Kabupaten Baolemo. Berdasarkan pemasalahan tersebut maka pemecahan masalah yang dilakukan adalah menerapkan teknik bernyanyi dalam kegiatan pengenalan huruf bagi anak dengan cara menyanjikan lagu-lagu sederhana dalam bentuk chart kemudian dinyanyikan oleh anak dan pada setiap kata-kata lirik lagu tesebut dijelaskan jenis dan bentuk hurufnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf di Kelompok B TK Dayo Indah Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo melalui pembelajaran dengan teknik bernyanyi. Untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan anak dalam mengenal huruf maka ditetapkan indikator yaitu 1) menyebutkan jenis huruf, 2) membedakan jenis-jenis huruf serta 3) menggambar bentuk-bentuk huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf. Siklus I terjadi peningkatan kemampuan anak dari 20 orang anak mencapai persentase 60% yang sebelumnya pada observasi awal hanya 40%. Pada Siklus II terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengenal huruf menjadi 75%. Keberhasilan ini telah sesuai dengan indikator keberhasilan kemampuan mengenal huruf yang telah ditetapkan yautu minimal dicapai 75%. Kata Kunci: Mengenal Huruf, Teknik Bernyanyi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011