ESSAY

Writer / NIM
MEISIN SUKMA DEWI RAHIM / 153408121
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Advisor 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstract
MEISIN SUKMA DEWI RAHIM, 2012“Meningkatkan Kemampuan Melipat Kertas Melalui Bimbingan Kelompok Pada Anak Kelompok A Di TK Beringin III Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo” Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Drs. H. Usman Samatowa, M.Pd dan Pembimbing II Dra. UmmyssalamDuludu, M.Pd Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan melipat kertas melalui bimbingan kelompok.Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran melalui bimbingan kelompok jarang sekali diberikan kepada anak.Dari fakta tersebut, peneliti mencoba mengatasi permasalahan dalam usaha mengembangkan kemampuan melipat kertas dalam bimbingan kelompok. Dengan bimbingan dan motivasi serta memberikan pembelajaran melipat kertas yang dilakukan secara berulang-ulang, diharapkan anak akan lebih terampil dan menyenangi kegiatanini. Untuk itu dirumuskan masalah, apakah dengan penerapan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan melipat kertas pada anak Kelompok A di TK Beringin III Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo? Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan kemampuan melipat kertas melalui bimbingan kelompok pada anak Kelompok A TK Beringin III Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan/ persiapan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi.Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kelompok A dengan subyek 20 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan . Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa terdapat 30 % anak yang sudah mampu dan 70% anak belum mampu melipat kertas.sehingga penelitian dilanjutkan pada Siklus I dengan hasil; yang sudah mampu mencapai 45%. Namun hal itu belum mencapai target indikator yang diharapkan. masih perlu di lanjutkan pada Siklus II. Penelitian pada siklus II mengalami peningkatan karena dari 20 orang anak yang memperoleh kategori anak yang mampu melipat kertas dengan aspek yang diamati yakni meniru, kerapihan dan hasil yang dicapai, melalui bimbingan kelompok meningkat menjadi 85% (17 anak) dan yang tidak mampu 15% (3 anak), sehingga hal ini telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisa penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jika bimbingan kelompok dilaksanakan dengan baik, maka kemampuan melipat kertas pada anak didik Kelompok A TK Beringin III Kecamatan Botumoito dapat ditingkatkan. Penerapannyapun dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan motorik pada anak usia dini. Kata Kunci :Melipat Kertas, Origami, Bimbingan Kelompok
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011