ESSAY

Writer / NIM
MELSI MAKASALA / 153408123
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
Melsi Makasala, 2012. Meningkatkan Kemampuan Anak Menulis Permulaan Menggunakan Pensil Melalui Pendekatan Individual Pada Anak Kelompok B Di Tk Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. SKRIPSI. Program studi S-1 Paud, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. DR. Hj. Ruslin W Badu, M.Pd, Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah kemampuan anak menulis permulaan dapat ditingkatkan melalui pendekatan Bimbingan Individual di TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan anak menulis permulaan melalui pendekatan bimbingan individual dalam proses pembelajaran khususnya pada anak TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menulis permulaan dalam proses pembelajaran khususnya pada anak TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato melalui pendekatan bimbingan individual Adapun teknik pengumpulan data dan observasi TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato yakni teknik analisis data menggunakan persentase. Dari hasil pengamatan yang dilaksanakan sesudah dilakukan proses pembelajaran penelitian terlihat jelas adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan dimana pada pelaksanaan observasi awal terdapat 38%, siklus I pertemuan pertama terdapat 43%, pada siklus I pertemuan kedua 57%, pada siklus II pertemuan pertama terdapat 71%, dan siklus II pertemuan kedua terdapat 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bimbingan individual dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Melihat keberhasilan dari pelaksanaan penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan “Jika digunakan pendekatan bimbingan individual dalam pembelajaran, maka kemampuan anak menulis permulaan di TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan, dapat diterima” Kata Kunci : Kemampuan menulis permulaan, pendekatan bimbingan individual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011