ESSAY

Writer / NIM
NURMILA ANWAR / 153408153
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstract
Nurmila Anwar. 2012. Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membilang 1-10 pada Anak Kelompok B TK Cendrawasih Tilamuta Kabupaten Boalemo . Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I DR. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Syamsiar Rivai, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru peran guru dalam mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Lokasi penelitian di TK Cendrawasih Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Sumber data dalam penelitian ini adalah responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak Kelompok B TK Cendrawasih Tilamuta Kabupaten Boalemo dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai aspek yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seperti pengaturan kegiatan belajar, pemilihan metode/teknik pembelajaran, pemilihan media/alat, dan evaluasi. Hasil wawancara dengan guru dan kepala sekolah menyatakan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak telah dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat sebagian anak yang belum mampu membilang 1-10 dengan benar. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah peran guru dalam mengelola dan merencanakan pembelajaran dengan memperhatikan beberapa komponen pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak. Kata Kunci : Peran Guru dan Kemampuan Membilang 1-10
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011