ESSAY

Writer / NIM
SAHARIA DUKALANG / 153408184
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
Saharia Dukalang, Skripsi Meningkatkan Rasa Kebersamaan Melalui Pendekatan Demokratis dalam pembelajaran Pada Anak Kelompok B di PAUD An – Nur Bongohulawa Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo Program Studi SI PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu M.Pd, Kons dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. pendekatan demokratis dalam pembelajaran, rasa kebersamaan pada anak kelompok B di Paud An – Nur Bongohulawa Kecamata Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat Ditingkatkan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan rasa kebersamaan melalui pendekatan demokratis dalam pembelajaran pada anak kelompok B di PAUD An – Nur Bongohulawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK dengan maksud untuk mengetahui peningkatan rasa kebersamaan anak melalui pendekatan demokratis dalam pembelajaran pada anak kelompo B di PAUD An – Nur kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo, yang diolah secara deskritif Kualitatif, dengan emepat tahapan penelitian yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada observasi awal hanya terdapat 35% atau 7 anak dari 20 anak yang memperoleh kriteria mampu, pada siklus I trdapat 55% atau 11 oarang dari 20 anak yang memperoleh kriteria mampu dan pada siklus II meningkat menjadi 85% atau 17 orang yang memperoleh kriteria tepat dan 15% atau 3 orang dari 20 anak memperoleh kriteria tidak mampu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan demokratis dalam pembelajaran dapat meningkatkan rasa kebersamaan pada anak kelompok B di PAUD An – Nur Bongohulawa Kecamataan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Pendekatan Demokratis, Rasa Kebesamaan
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011