ESSAY

Writer / NIM
SALMA HASAN / 153408186
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstract
Salma Hasan, NIM. 153 408 186. “Meningkatkan Pengenalan Konsep Penjumlahan Sederhana Melalui Teknik Bernyanyi Pada Anak Kelompok A di TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, 2012. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI,S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Rapi Us.Djuko,M.Pd Rumusan masalah dalam penelitian ini, adalah apakah teknik bernyanyi dapat meningkatkan pengenalan konsep penjumlahan sederhana pada anak kelompok A TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningktakan pengenalan konsep penjumlahan sederhana melalui teknik bernyanyi pada anak kelompok A TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bonebolango Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah anak kelompok A yang berjumlah 20 Orang terdiri dari anak laki-laki 9 orang dan perempuan 11 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif Berdasarkan hasil analisa data dan pembahasan diperoleh hasil dari observasi awal, anak yang memiliki kemampuan dalam pengenalan konsep penjumlahan sederhana 8 orang (40%), menjadi 9 orang (45%) pada siklus I pertemuan pertama, selanjutnya pada siklus I pertemuan kedua diperoleh 10 orang (52,5%). Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh peningkatan menjadi 15 orang anak (72,5%) dan pada siklus II pertemuan kedua diperoleh 16 orang anak (80%). Dengan demikian berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka peneliti dengan menggunakan teknik bernyanyi, pengenalan konsep penjumlahan sederhana pada anak kelompok A TK Cemerlang Panggulo Kecamatan Botupingge Kabupaten Bone Bolango meningkat. Kata kunci: Konsep Penjumlahan, Teknik Bernyanyi
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011