ESSAY

Writer / NIM
SRI YUNANGSIH MERTOSONO / 153408211
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
Sri Yunangsih Mertosono, NIM 153 408 211. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Responds pada anak Kelompok B di PAUD Anggrek Jaya 2 Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenal kosa kata bahasa inggris dalam pengucapannya atau lafal masih banyak yang belum mampu baik dalam mengucapkan maupun mengartikannya ke dalam bahasa inggris melalui metode total physical responds pada Anak Kelompok B di PAUD Anggrek Jaya 2 Desa Padengo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris melalui metode total physical responds pada anak kelompok B di PAUD Anggrek Jaya 2 Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan pada Anak Kelompok B di PAUD Kelompok Bermain (KB) Anggrek Jaya 2 Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo yang berusia 3-4 tahun yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yakni kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II. Data ini diambil dengan menggunakan lembar observasi kegiatan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan prosedur persentase sederhana setiap variabelnya. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I pada aspek mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang mampu 8 orang anak atau 40%. Pada aspek mengucapkan kata sesuai dengan gerakan yang mampu 9 orang anak atau 45%. Dan pada aspek mengucapkan kata demi kata secara berurutan dengan menyanyi yang mampu 7 orang anak atau 35%. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu pada aspek mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang mampu 16 orang anak atau 80%. Pada aspek mengucapkan kata sesuai dengan gerakan yang mampu 16 orang anak atau 80%. Dan pada aspek mengucapkan kata demi kata secara berurutan dengan menyanyi yang mampu 16 orang anak atau 80%. Pada siklus I dan II peneliti mengambil sampel 20 orang anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika dalam kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris menggunakan metode total physical responds maka kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris anak dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Kemampuan Bahasa Inggris, Metode Total Physical Responds
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011