ESSAY

Writer / NIM
SULASTRI SALEH KASIM / 153408214
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Advisor 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstract
Sulastri Saleh Kasim, NIM. 153 408 214. Meningkatkan Kemampuan Menggambar Bebas Melalui Teknik Menggambar 3 Bentuk Dasar Geometri Pada Anak Kelompok B Paud Afiat Desa Pantungo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Weny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menggambar bebas melalui teknik menggambar 3 bentuk dasar geometri pada anak kelompok B Paud Afiat Desa Pantungo Kecamatan Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menggambar bebas melalui teknik menggambar 3 bentuk dasar geometri pada anak kelompok B Paud Afiat yaitu dari observasi awal hanya 6 orang anak atau 30% yang mampu dalam hal ketepatan membuat garis tegak, miring, lengkung dan lingkaran, membuat gambar persegi, segitiga, dan lingkaran dengan rapi dan menggambar bebas dari bentuk dasar titik garis, persegi, segitiga, dan lingkaran, setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 12 orang anak atau 60%, siklus II menjadi 17 orang anak atau 85%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan menggambar bebas melalui teknik menggambar 3 bentuk dasar geometri dalam pembelajaran meningkat. Kata Kunci: Kemampuan, Menggambar Bebas, Teknik Menggambar 3 Bentuk Dasar Geometri.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011