ESSAY

Writer / NIM
ULFA MILE / 153408220
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Advisor 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstract
Ulfa Mile, 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Anak agresif di PAUD Mekar Indah Desa Poowo Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Rena L. Madina, M.Pd, dan Pembimbing II, Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd. Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anak agresif di PAUD Mekar Indah Desa Poowo Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana eksistensi perilaku anak agresif di PAUD Mekar Indah Desa Poowo Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango serta faktor-faktor yang mempengaruhinya? Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, serta teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan para informan. Adapun analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku anak agresif di PAUD Mekar Indah Desa Poowo Barat Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango sangat kompleks di antaranya; faktor lingkungan keluarga atau faktor orang tua, faktor lingkungan dimana tempat anak berinteraksi termasuk teman sebaya, maupun faktor dari individu anak itu sendiri. Upaya meminimalisirnya terhadap perilaku anak agresif tersebut dilakukan secara bertahap, baik melalui contoh keteladanan orang tua, guru, dan orang dewasa yang ada di sekitar kehidupan anak, maupun melalui bimbingan secara intesif dalam bentuk proses pendidikan dan pembelajaran oleh guru di sekolah maupun oleh orang tua di luar sekolah. Untuk itu disarankan kepada orang tua untuk meningkatkan pola asuh terhadap anak terutama berkaitan dengan pembentukan perilaku anak ke arah positif. Di samping itu kepada guru diharapkan dapat mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dan pendidikan karakter anak, serta kepada seluruh pihak untuk dapat menciptakan lingkungan kehidupan anak yang bersifat kondusif dan mendidik kea rah yang positif Kata Kunci: Perilaku Anak agresif, PAUD
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011