ESSAY

Writer / NIM
USNAWATY RAHMAD / 153408222
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Advisor 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstract
Usnawaty Rahmad. 2012 Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Meniru Bentuk Pada Kelompok B Di TK Mutiara Kecamatan Bongomeme Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us, Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan motorik halus pada anak didik kelompok B Di TK Mutiara Kecamatan Bongomeme. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meniru bentuk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I terdapat 4 anak didik atau 20 % memiliki kemampuan motorik halus. Ini berarti belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yakni 80 %. Sehingga diadakan tindak lanjut ke siklus I. Pada Siklus I terdapat 11 anak didik atau 55 % anak didik yang memiliki kemampuan motorik halus. Hal inipun belum mencapai indikator kinerja sehingga kegiatan dilajutkan kesiklus II. Pada Siklus II terdapat 17 warga belajar atau 85% yang memiliki kemampuan motorik halus. Dengan demikian indikator kinerja telah tercapai dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meniru bentuk. Disimpulkan bahwa melalui kegiatan meniru bentuk dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak didik kelompok B TK Mutiara Kecamatan Bongomeme. Diharapkan kepada pendidik untuk dapat melatih dan meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meniru bentuk, karena hal ini telah terbukti efektif dalam pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci : Motorik halus, Kegiatan meniru bentuk.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011