ESSAY

Writer / NIM
VENDRIYATI USMAN / 153408223
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Advisor 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstract
Vendriyati Usman. 2012 Deskripsi pola pengasuhan dalam perkembangan bahasa anak pada kelompok B di Tk Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas negeri Gorontalo. pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II, Meylan Saleh S.Pd, M.Pd. Tujuan penelitian ini melihat sejauh mana pengasuhan orang tua dalam mengembangkan aspek perkembangan bahasa yang dimiliki anak pada kelompok B TK Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pola pengasuhan anak dalam perkembangan bahasa pada kelompok B di TK Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo ?”. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, penulis menggunakan metode kualitatif dengan desain deskripsi serta tekhnik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuhan orang tua dalam perkembangan bahasa pada anak belum terlalu optimal. Hal ini disebabkan karena, minimnya peran orang tua dalam membagun komunikasi dengan anak. Selain itu, kesibukan orang tua yang lebih dominan bekerja di luar rumah membuat orang tua tidak bisa memantau setiap perkembangan dan pertumbuhan anak. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa, faktor terhambatnya perkembangana bahasa (berbicara) disebabkan oleh keadaan fisik anak dan pola pengasuhan orang tua yang kurang memperhatikan pase perkembangan anak, Telah di jelaskan pada bab sebelumnya tentang macam-macam pola asuh orang tua yang terdiri dari pola asuh demokratis, otoriter dan Permisif ketiga pola asuh ini sangat berbeda satu sama lain, namun sama-sama mendidik, Tapi lebih dikhususkan lagi pada pola asuh demokrasi dimana pola asuh demoksi yaitu pola asuh yang sedikit memberi kebebasan pada anak dan tidak menekan, dengan menerapkan pola asuh demokrasi ini dapat menyeimbangan terbentuknya setiap pase perkembagan anak, tampa ada penekanan atau pemaksaan, sehingga dapat membentuk anak yang mandiri. Untuk itu disarankan kepada orang tua agar lebih memahami peran orang tua dalam hal mengembangkan aspek perkembangan bahasa pada anak dengan membangun komunikasi dan menjalin hubungan yang erat antara orang tua dan anak, sehingga anak mampu berbicara dengan baik sesuai tingkat pertumbuhan dan perkembangan anak. Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Perkembagan Bahasa
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011