ESSAY

Writer / NIM
HARTIN LAPANANDA / 153408282
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstract
Hartin Lapananda. Skripsi “Meningkatkan Kemampuan Psikomotor Anak melalui Metode Drill di Kelompok B TK Ki Hajar Dewantoro 5 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I DR.Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah kemampuan psikomotor anak dapat ditingkatkan melalui metode drill. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan psikomotor anak Ki Hajar Dewantoro 5 Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo melalui metode drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK Az-Zikra Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I pun belum berhasil, dan dilanjutkan kesiklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Anak dapat menyebut kata dengan baik, 18 orang atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 2 orang atau 20% termasuk kategori cukup, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Anak dapat membedakan huruf abjad, 16 orang atau 80% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 4 orang atau 20% termasuk kategori cukup, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Anak dapat mengurutkan kata dengan tepat, 19 orang anak atau 95% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 1 orang anak atau 5% termasuk kategori cukup, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan literacy pada anak kelompok B TK Az-Zikra Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo dapat dikembangkan melalui permainan kata. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Kecerdasan literacy, permainan kata
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011