ESSAY

Writer / NIM
SALMA MOHAMAD / 153408342
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Advisor 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstract
Salma Mohamad. NIM 153 408 342. 2012. Meningkatkan Perilaku Mandiri Melalui Pendekatan Individual Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah perilaku mandiri anak dapat ditingkatkan melalui penggunaan pendekatan individual pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku mandiri melalui pendekatan individual pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap persiapam, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan observasi dan tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku mandiri anak dapat ditingkatkan melalui pendekatan individual. Hasil observasi awal menunjukan bahwa hanya 7 anak atau 35% dari 20 anak TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Gorontalo yang memiliki perilaku mandiri yang baik. Setelah dikenai tindakan pada siklus I meningkat menjadi 12 anak atau 60%. Pada siklus yang ke II jumlah anak yang memiliki perilaku mandiri mengalami peningkatan menjadi 17 anak (85%) dari 20 anak di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Gorontalo. Berdasarkan simpulan di tersebut disarankan beberapa hal sebagai berikut: 1) peningkatan perilaku mandiri anak dapat dilakukan melalui pendekatan individual, 2) guru perlu melakukan evaluasi dan refleksi secara rutin terhadap upaya yang dilakukan dalam peningkatan perilaku mandiri anak, 3) perlu upaya persuasive dan keteladanan yang ditunjukkan oleh guru untuk melatih dan meningkatkan perilaku mandiri anak Kata Kunci: Perilaku Mandiri, Pendekatan Individual
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011