ESSAY

Writer / NIM
WIRNA JAHYA / 153408358
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Advisor 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstract
Wirna Jahya. Skripsi “Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Metode Pemberian Tugas di Kelompok B TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd.Kons dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah melalui metode Pemberian Tugas kemandirian Anak Kelompok B di TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Metode Pemberian Tugas di Kelompok B TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I dan belum berhasil, dilanjutkan kesiklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Pada aspek tekun, 19 orang atau 95% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 1 orang atau 5% termasuk kategori cukup, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Punya inisiatif sendiri, 16 orang atau 80% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 4 orang atau 20% termasuk kategori cukup, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Anak percaya diri, 18 orang anak atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 2 orang anak atau 10% termasuk kategori cukup, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa kemandirian anak kelompok B di TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Kemandirian, Metode Pemberian Tugas.
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011