ESSAY

Writer / NIM
ZUKINA ARSYAD / 153408368
Study Program
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Advisor 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Advisor 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstract
Zukina Arsyad. 2012. Meminimalisir kecemasan anak melalui participatory modeling pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I, Dra. Syamsiar Rivai, M.Pd dan bimbingan II, Samsiah, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kecemasan anak dapat di minimalisirkan melalui participatory modeling pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisir kecemasan anak melalui participatory modeling pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan jumlah anak sebanyak 20 orang anak didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meminimalisir kecemasan anak pada siklus I pertemuan I terdapat 50% anak yang memperoleh kualifikasi mampu, sehingga dilanjutkan pada siklus I pertemuan II terdapat 60% memperoleh kualifikasi mampu, namun belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, yakni 75%. sehingga dilanjutkan pada siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa meminimalisir kecemasan anak terdapat 75% yang memperoleh kualifikasi mampu, sehingga dapat di buktikan bahwa kecemasan anak dapat diminimalisirkan melalui participatory modeling. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat di simpulkan bahwa melalui participatory modeling dapat meminimalisirkan kecemasan pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Kata kunci : Kecemasan, Participatory Modeling
Download files

ARCHIVES

2024
Year Essay 2024
2023
Year Essay 2023
2022
Year Essay 2022
2021
Year Essay 2021
2020
Year Essay 2020
2019
Year Essay 2019
2018
Year Essay 2018
2017
Year Essay 2017
2016
Year Essay 2016
2015
Year Essay 2015
2014
Year Essay 2014
2013
Year Essay 2013
2012
Year Essay 2012
2011
Year Essay 2011